jump to navigation

Ini Yang Terjadi Bila Bekerja di Malam Hari 12/09/2009

Posted by chillinaris in ஐ ƒ⊕⊗⇓'∮ ♠ g∀ΓdΞη ஐ~*♥™, Health Care, Uncategorized.
Tags: , , , , , , ,
trackback

biological_clockBagi Anda yang suka bekerja lembur atau shift ada baiknya membaca artikel yang satu ini. Menurut ilmu kesehatan medis, melakukan beraktivitas/bekerja di malam hari dapat mengganggu kesehatan tubuh seseorang.

Salah satu alasannya adalah waktu tidur dari malam hari tidak bisa digantikan menjadi pagi atau siang hari. Demikian ungkap dokter Andreas Prasadja, RPSGT, ahli tidur dari Sleep Disorder Clinic, RS Mitra Kemayoran Jakarta.

Menurut dr Andreas, kemampuan tubuh di malam hari sebenarnya tidaklah sekuat seperti pagi atau siang hari. Hal ini akan berpengaruh kepada analisa dan konsenterasi seseorang yang tidak akan maksimal.

Selain itu, lanjutnya, tidur di malam hari akan membantu bekerjanya hormon-hormon yang di dalam tubuh diantaranya ada hormon melatonin (hormon yang hanya diproduksi saat gelap) dan hormon pertumbuhan yaitu hormone yang sangat berperan dalam proses peremajaan sel. Itu sebabnya jika kualitas tidur tidak baik, orang akan terlihat cepat tua.

Berdasarkan informasi dari International Classification of Sleep Disorder, pekerja shift berisiko lebih tinggi untuk menderita penyakit kardiovaskular dan pencernaan. Bekerja di malam hari juga mengacaukan waktu bersosialisasi yang dapat memengaruhi kesehatan jiwa seseorang.

Untuk mengatasi masalah bagi Anda yang sering kali lembur atau bekerja shift, disarankan agar mengatur waktu tidur dengan baik. Kenalilah tubuh Anda. Kalau tubuh Anda sudah meminta untuk diistirahatkan, lakukanlah. Untuk yang tidak dapat bekerja dengan diselingi tidur, manfaatkan waktu yang Anda sehabis kerja shift untuk beristirahat, tetapi jangan juga berlebihan.

Wah..ternyata banyak sekali resiko yang harus dialami oleh mereka yang bekerja di malam hari. Apakah Anda termasuk dalam orang-orang yang disebut dalam artikel ini? Jika iya, mulai jalankan solusi yang diberikan dalam artikel diatas. Dengan melakukannya berarti Anda menjaga kesehatan tubuh Anda yang berarti juga bahwa Anda menghargai kehidupan yang sudah Tuhan berikan dalam kehidupan Anda.

sumber

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s