jump to navigation

Persahabatan 29/01/2010

Posted by chillinaris in Renungan, Motivasi, & Pengembangan Diri, Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
2 comments

Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah.

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama karenanya. Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya.


Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur – disakiti, diperhatikan – dikecewakan, didengar – diabaikan, dibantu – ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian.

Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.

Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis.

Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.

Beberapa hal seringkali menjadi penghancur persahabatan antara lain :

1. Masalah bisnis UUD (Ujung-Ujungnya Duit)

2. Ketidakterbukaan

3. Kehilangan kepercayaan

4. Perubahan perasaan antar lawan jenis

5. Ketidak setiaan

Tetapi penghancur persahabatan ini telah berhasil dipatahkan oleh sahabat-sahabat yang teruji kesejatian motivasinya.

Renungkan :

* Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri.

* Dalam masa kejayaan, teman-teman mengenal kita. Dalam kesengsaraan, kita mengenal teman-teman kita.

Ingatlah kapan terakhir kali Anda berada dalam kesulitan. Siapa yang berada di samping Anda ??

Siapa yang mengasihi Anda saat Anda merasa tidak dicintai??

Siapa yang ingin bersama Anda pada saat tiada satu pun yang dapat Anda berikan ??

Merekalah sahabat-sahabat Anda.

Hargai dan peliharalah selalu persahabatan Anda dengan mereka.


Apakah Anda Seorang Lelaki Pemberani? 07/01/2010

Posted by chillinaris in ஐ ƒ⊕⊗⇓'∮ ♠ g∀ΓdΞη ஐ~*♥™, Pictures, Renungan, Motivasi, & Pengembangan Diri, Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
3 comments

Oleh : Anwariansyah

Apakah berani itu? Sikap tidak gentar ketika menghadapi tantangan duel, ataukah semangat tanpa ragu mengarungi lautan luas, hanya dengan bermodal perahu menerjang ombak bergulung-gulung?

Lelaki mana yang rela disebut pengecut, pecundang tengik, penakut kentut, anak mami, atau … apalah namanya, sebutan untuk lelaki “lemah syahwat” yang mundur ke belakang ketika menghadapi tantangan, bersembunyi di sudut ketika menerima tuntutan. Anda rela?


Tapi tahukah Anda apakah keberanian sesungguhnya? Yang seharusnya dihadapi semua lelaki di dunia ini? Sebagai tantangan yang harus dibuktikan?

Hidup kawan. Kehidupan inilah arena pertarungan sesungguhnya. Bukan ruangan gelap dengan lampu kerlap-kerlip dunia malam. Bukan jalan raya arena balapan. Bukan pula geng-gengan dengan simbol-simbol kejantanan. Apalagi hirupan racun dari bong pembawa kehancuran.

Itu bukan kehidupan, tapi kematian dalam hidup. Tidak ada yang lebih pengecut selain orang yang bersembunyi di bilik kematian karena takut menghadapi kehidupan. Pecundang asli adalah penikmat aroma kematian dalam simbol-simbol keberanian semu.


Cobalah tengok kehidupan yang sesungguhnya. Pejuang-pejuang hidup mengisi hari-harinya dengan pertarungan mengalahkan diri sendiri.  Berjuang banyak menolong kehidupan orang lain dengan sedikit memenangkan diri sendiri. Lelaki sejati berjuang untuk anak-isteri. Lelaki sejati berjuang untuk anak negeri. Lelaki sejati berjuang untuk keyakinan pasti. Lelaki sejati tidak mengharap arti, apalagi materi. Lelaki sejati merasa cukup dengan pemberian Ilahi.










Lelaki sejati berjuang untuk keyakinan pasti.

Itulah lelaki pemberani.


♥ஜ۩۞۩ஜ♥

Katakan “TIDAK” pada gosip 27/12/2009

Posted by chillinaris in Renungan, Motivasi, & Pengembangan Diri, Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
add a comment

“Eh…eh….lo taw ga seeeh…..si itu kan bgini bgini bgini lho….” dan banyak lagi kalimat2 sejenis yg mungkin sering kita dengar ataw bahkan ucapkan yg berbau/mengarah kpada pembicaraan ttg brita/gosip mengenai org lain ; baik itu seleb…gebetan/pacar…orang2yg kita kenal….sampe org2 yg ga/blm kita kenal.

Mungkin bagi kita yg tidak menyukai kgiatan bergunjing/bergosip seperti itu bertanya2 kenapa banyak banget orang2 yg malah suka bgt hal2 yg berbau gossip sperti itu…. yaaa… mungkin slain krn sudah sangat terbiyasa dengan hal itu dan kurang memahami ttg agama,mungkin karna mereka juga manusia yg sangat bisa terpengaruh oleh ligkungan sekitarnya….misalnya kalo seseorang bergaul dengan orang2 yg seluruhnya sangat mengemari hal2 sperti itu , walawpun pada awalnya ia tidak menyukai hal tsb , tapi sangat mungkin dkemudian hari ia pun akan ikut2 menyukai hal2/kegiyatan2 seperti itu…

Selain itu , Media pun sbenarnya menjadi salah satu pnyebab kenapa gosip/ghibah menjadi seperti sudah sangat mem-budaya…. Liat aja contohnya ; mulay dari banyak banget layanan2 sms yg menyediakan jasa memberikan gossip/kabar terbaru dr para seleb…halaman2 majalah/tabloid yg di isi dengan issue2 murahan plus ga penting ttg para seleb…dtambah lg,mulay dr pagi sampe sore,banyak media pertelevisian n radio yg menyajikan gossip mengenai selebritis baik itu seleb luar mawpun seleb dlm negri sendiri padahal jelas2 it hal2 yg tdk berbobot , hanya mnambah dosa dan membuang2 waktu…

Kenapa bergosip alias bergunjing alias berghibah itu tidak berbobot…? Ya iyaaaalaaaah…. Emang apa manfaatnya bagi kita? Apa itu akan menjadi salah satu soal yg kluar pada saat kita tes/ujian/ulangan? Apa dengan kita taw gosip terbaru itu membuat ilmu pngetahuan kita bertambah luas? lagipula…daripada banyak pngetahuan tentang gosip2 gitu,mendingan banyak pngetahuan tentang hal2 yg lebih berguna seperti apa aja yg udah tjadi dgn bangsa ini slm sekian kurun waktu ataw tau perkembangan ekonomi,teknologi,politik,dll di dalam negri n di luar negri atawpun hal2 positip lainya.

Terus…kok bergosip alias bergunjing alias berghibah itu bisa menambah dosa…?? yaaa….soalnya kan bergunjing itu byasanya ga cukup cuman satu kali….n byasanya kita akan terus menerus bergunjing n jadi terbiyasa dengan itu sampe2 kita sendiri juga ga sadar bahwa yg kita lakukan itu sdh termasuk bergunjing…. and dengan begitu…walawpun misalnya dosa ghibah itu termasuk dosa kecil pun , karna dlakukan berulang-ulang kali…. sangat mungkin dosa yg dtimbulkanya jauh lebih besar daripada dosa yg dtimbulkan karna kita mlakukan dosa besar satu kali .

Slain itu , Firman Allah dlm Q.S Al-Hujurat ; 12 ttg larangan berghibah :

“hai org2 yg beriman, jauhilah kbanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari kesalahan org lain , dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yg lain . suka-kah kalian memakan daging saudaranya yg sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya . dan bertakwalah kepada Allah . sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat . ”


Slain itu,mnurut Yusuf Qardhawi dalam “halal dan haram dalam islam” , Ghibah adalah keinginan untuk menghancurkan orang, suatu keinginan untuk menodai harga diri, kemuliaan dan kehormatan orang lain, sedang mereka itu tidak ada di hadapannya. Ini menunjukkan kelicikannya, sebab sama dengan menusuk dari belakang. Sikap semacam ini salah satu bentuk daripada penghancuran. Sebab ini berarti melawan orang yang tidak berdaya. Ghibah disebut juga suatu ajakan merusak, sebab sedikit sekali orang yang lidahnya dapat selamat dari cela dan cerca.

Terus , Kenapa bergosip alias bergunjing alias berghibah itu membuang-buang waktu?

Karena ga ada manfaatnya sama sekali bagi kita… misalnya ada seleb yg digosipin cinlok sama lawan maenya dlm swatu film…. So what? Lha yg jatuh cinta dia , kok qt yg repot…? Trs…misalnya seorang temen mengatakan “eh…si itu tuh bgini bgini dan bgini” so…?? Kalo emang bener dia gt kenapa n kalo ternyata dia ga bgitu juga kenapa…?? Ngapain harus ngabisin waktu untuk hal2 yg sia2 seperti itu…apalagi kalo pake acara nyempein/ngaduin org yg ngomong itu ke org yg djadikan bahan omonganya itu…itu sama saja dengan ngadu domba…! ataw kalo kita udah pake acara nyebarin brita/gossip ke org2 n ternyata tuh gosip salah…..ya….bisa2 kita ga sadar bahwa itu sudah bukan hanya ghibah aja tapi juga sudah jadi suuzon ataw bahkan pitnah and itu termasuk dosa besar.

So… ngapain ngabisin waktu untuk bergosip/berggunjing…?slain hal2 spt itu ga berbobot , mnimbulkan dosa n buang2 waktu, itu juga bisa membuat imej yang ga bagus tentang kita…. yaa….kecuali kalo udah sangat terbiyasa dengan imej “bigos” alias biang gosip ataw perumpi/penggosip dan ga menganggap imej seperti itu adalah imej yg memalukan/ga bagus….

And dengan menghindari dr hal2 yg ga berguna sperti bergosip/bergunjing spt itu ,slain dpt menghindarkan diri dari mlakukan dosa besar , smoga aja Allah menggolongkan kita pada golongan org2 yg menjauh dr perkara2/hal2 ga berguna yg dsayangi oleh Allah pluz di rindu surga….

So,say no to bergossip right now….!! kalo bukan skarang , kapan lagi….? jangan sampe kita baru berpikir untuk berhenti mlakukan dosa stelah kita melihat malaikat Izrail hendak mencabut nyawa kita…..

sumber : dudung.net – ailovyu88@yahoo.com