jump to navigation

22 KHASIAT BAWANG PUTIH 28/08/2009

Posted by chillinaris in Health Care, Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

1. Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan

2. Membantu menghambat proses penuaan. Menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi.

4. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.

6. Bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi.

7. Dengan efek yang lebih lembut. Bawang putih mengandung vitamin A.

8. Bawang putih mengandung vitamin B.

9. Bawang putih mengandung vitamin C.

10. Bawang putih mengandung kalsium.

11. Bawang putih mengandung potasium

12. Bawang putih mengandung antioksidan. Bawang putih mengandung karoten dan selenium

13. Mengonsumsi 2-3 siung bawang putih sehari, akan menghindarkan dari kemungkinan berpenyakit jantung.

14. Menyembuhkan tekanan darah tinggi

15. Meringankan tukak lambung

16. Menurunkan kolesterol dalam darah

17. Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.

18. Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh

19. Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.


20. Membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah

21. Menjaga stamina tubuh

22. Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor.

Namun seberapapun khasiatnya sebuah obat, jika tidak dimbangi dengan pola hidup sehat semua itu sia-sia.

♥ஜ۩۞۩ஜ♥

Komentar»

1. cahpamulang - 01/09/2009

trims

2. sidik - 01/09/2009

wah hebat infonya, mohon izin buat di bookmark isinya di blog ku,

3. Milyarder Saleh - 03/09/2009

nutrilite garlic & licorice, licoricenya mengurangi efek bau bw putihnya..

4. hasnul - 23/11/2009

Terima kasih infonya, kalau boleh tanya apakah benar bawang putih kalau dikunyah akan merusak gigi?
Hatur nuhun

5. dimas aulia - 23/12/2009

info dewa,… alium sativum iz great medicine bro,…

bwat hasnul — bwg putih tidak merusak gigi gan,…. dikunyah jg gpp koq,.. kulo dah mengonsumsi sejak lama juga koq,…. 2-3 tahunan n kumakan mentah plus kukunyah,.. itz okay,…

6. Pak Mad - 14/01/2010

Masih ada lagi khasiat bawang putih :
bila Anda berjalan tanpa alas kaki dibawah terik matahari (seperti Long March untuk kenaikan tingkat karate/silat dll), oleskan bawang putih yang telah ditumbuk, pada telapak kaki….. insya Allah tidak akan terasa kepanasan dan tidak melempung tuh kakinya.
silahkan mencoba.

ardo - 23/12/2011

yang benar

7. pak derry - 19/01/2010

Apa ngga terasa pedas kalo dikunyah langsung

chillinaris - 20/01/2010

Waah g berani nyoba hehee…
Thx :)

8. Ella - 21/01/2010

saya menderita penyakit maag kronis Alhamdullilah setelah minum 5 siung bawabng putih tiap hari saya sudah tidak sakit lagi, tenaga full dan nyeri hilang, itupun harus diimbangi dengan hindari stress serahkan segalanya ke pada Tuhan, terima apa yg terjadi dengan sabar dan ikhlas Insyaallah bs sembuh total.

adhi - 04/05/2010

mbak Ella, bawang putihnya dikunyah langsung atau bagaimana ? saya juga lagi kena maag berat. kalau unt Hipertensi apa takaran & konsumsinya juga sama. trims

9. Lili - 23/01/2010

cara makan bawang putih yang paling baik itu seperti apa ya? trm ksh.

chillinaris - 23/01/2010

Selama berabad-abad bawang putih sudah berkonstribusi bagi dunia kesehatan. Namun, ilmuan kardiovaskular dari Sekolah Medis Universitas Connecticut mengatakan bahwa mereka memiliki bukti temuan pertama yang menunjukkan bahwa bawang putih segar yang dihancurkan memiliki efek bagi kesehatan yang lebih besar daripada bawang putih yang dimasak terlebih dulu.

Jadi entah gmn cr makannya yg jelas yg paling baik g perlu dimasak.

10. himawan - 25/01/2010

1 atau 2 siung bawang putih dijadikan param sangat bermanfaat. bawang putih diiris / di tumbuk lalu diletakkan di tengkuk lantas ditutup plester. sangat baik buat ngilangin pusing. diganti tiap sore, 1 jam setelah setelah mandi sore.

11. Lili - 25/01/2010

terima kasih informasinya, GBU

12. sri - 03/02/2010

hatur nuhun,artikelna. tp klu dikomsumsi apa tdk menyebabkan bau badan?

chillinaris - 03/02/2010

1. Konsumsi air putih yang banyak dan teratur setiap harinya. Selain menambah cairan dalam tubuh, air putih membantu Anda “mengencerkan” keringat sehingga tidak mengeluarkan bau tak sedap.
2. Pakai deodorant, jangan parfum karena efeknya cuman sementara.

Dan lagi di dunia ini mana ada yg sempurna, ada +- …. ;)

man - 31/12/2010

setuju chill, saya sudah peratekkan lebih 5 th syukur selalu sehat dan juga sangat baik sekali baru bangun minum air putih yg banyak minimal 1 btl aqua besar rasanya perut spt dictum/dibersihkan shg kebelakang selalu lancar

chillinaris - 08/01/2011

Hehe… ^^:

tini - 21/10/2011

memang tidak ada yg sempurna…..tapi tdk semua orang badannya bau…ehehehe

13. Izam - 01/03/2010

Terlalu BANYk Makn Bwng PuTIh, Apakah Akan Menimbulkan Sariawan? Thanks Y

14. yuli - 10/03/2010

apkah bawang putih sehat bagi kulit kita??
thx

15. retna - 08/04/2010

Kenapa saya setiap abis makan bawang putih kepala jadi pusing & mual ya ?

16. priyo sudarmono - 15/04/2010

assalamualikum.saya mau tanya anak saya terkena flek dan batuk rejan,kemudain say kasih bawang putih yang di parut ambil sarinya trus di tambah madu,apa berkhasiat ya.terima kasih

chillinaris - 16/04/2010

Waalaikum sallam. Buat anak kecil ko’ coba2 (mengutip dr iklan di TV :)), lebih baik bawa sj ‘dulu’ ke dokter, biar lebih jelas penyakitnya batuk yg gmn gtu. Pada dasarnya bawang putih mmg bagus utk pertahananan dan kekebalan tubuh, tpi menurut sy, ad beberapa penyakit batuk yg g bs langsung sembuh dikarenakan hal2 tertentu, mis alergi ato ap2 dan saya jg bukan dokter loo.. Saya hanya berbagi info sj, bijak2nya bapak saja…

Berikut ni mmg ad obat tradisionalnya mungk bs sbg referensi:

Obat Tradisional Batuk

Batuk merupakan reaksi tubuh jika terdapat benda asing yang merangsang selaput lendir saluran pernapasan. Batuk kerap kali menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan sehingga merangsang penderita mengeluarkan bunyi.

Batuk dapat juga timbul akibat adanya peradangan dalam cabang kerongkongan dan paru-paru, virus, batuk rejan, dan lain-lain.

Pengobatan dengan bawang putih :
Batuk rejan dan bronkhitis. 30 gram bawang putih, kupas, cuci, lumatkan, campur
dengan gula batu dan segelas air matang, diamkan selama 5-6 jam. Minum 1 sendok
makan penuh setiap hari selama beberapa hari.

Pengobatan selain dg bawang putih (Pilih salah satu resep di bawah ini ):

Ramuan Obat Tradisional 1 :

10 gram kulit jeruk mandarin kering dan 25 gram kencur (diiris-iris tipis) direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari

Ramuan Obat Tradisional 2 :

10 lembar daun sirih direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari

Ramuan Obat Tradisional 3 :

10 gram kulit jeruk mandarin kering dan 250 gram oyong segar direbus dengan 600 cc hingga tersisa 300 cc, kemudian diminum selagi hangat.

Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari

Ramuan Obat Tradisional 4 :

10 gram bunga mawar segar dan gula batu secukupnya ditim, kemudian diminum.

Pemakaian : Konsumsi 2 kali sehari

Ramuan Obat Tradisional 5 :

8 gram rimpang, 1,5 gram akar manis, 3 lembar daun sirih direbus dalam 130 ml air sampai mendidih, kemudian disaring.

Pemakaian : Minum sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari sebelum makan. Setiap kali meminum sebanyak 100 ml dan diulang sampai sembuh.

Ramuan Obat Tradisional 6

Haluskan bahan berupa 4 gram umbi bawang merah, 4 gram daun poko segar, 3 gram daun sembung segar, 4 gram herba pegangan segar, 2 gram buah adas dan 125 ml air. Tambahkan air. Di buat infus atau dibuat pil

Pemakaian : Minum sehari 1 kali pada pagi hari sebanyak 100 ml. Apabila dipipis, minum 1 kali sehari sebanyak ¼ cangkir. Jika dibuat pil,minum 3 kali sehari sebanyak 9 pil. Pengobatan diulang selama 14 hari

Ramuan Obat Tradisional 7

Satu genggam bunga belimbing wuluh dan sepotong gula batu direbus bersama-sama dengan 1 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa ½ gelas air.

Pemakaian : Minum pada pagi dan sore hari secara rutin.

Ramuan Obat Tradisional 8

Cuci bersih 25 kuntum bunga belimbing wuluh, 1 jari rimpang temu giring, 1 jari kulit kayu manis, 1 jari rimpang kencur, 2 siung bawang merah, ¼ genggam pegagan, ¼ genggam daun saga, ¼ genggam daun ingu, dan ¼ genggam daun sendok. Kemudian bahan dipotong-potong, lalu direbus dengan 5 gelas air bersih hingga tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin saring.

Pemakaian : Minum dengan tambahan madu seperlunya sebanyak 3 kali sehari. Setiap minum sebanyak ¾ gelas ramuan.

Ramuan Obat Tradisional 9 (untuk batuk pada anak)

Satu genggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas, gula secukupnya, dan secangkir air ditim selama beberapa jam. Setelah dingin, disaring menggunakan sepotong kain.

Pemakaian : Minum 2 kali sehari , pada pagi dan malam hari sewaktu perut kosong.

Terima kasih, saya doakan semoga putranya lekas sembuh :)

17. zait - 07/05/2010

terimakasih artikelnya, mudah-mudahan bermanfaat

18. fajar komariyah - 21/05/2010

TeRnyATa BAwAng PuTiH BnYk KhAsIaTnYA…TeRuTaMa uNtUk KeSeHaTaN tUbUH kITa DaN dApAt MeNaMbAh nAfSu maKaN aPaBiLa dImAkAn MeNtaH,,,

19. edy - 30/05/2010

Untuk Fajar Komariyah. Eh tulisanmu kok susah banget dibaca. Dulunya sekolah dimana, itu singkatan atau sok modern. Hormatin dikit bahasa kita maksudku kesalahannya jangan terlalu fatal. Sorry ya ini hanya masukan buatmu. Aku sih setuju banget memang manfaat bawang putih banyak, pasienku juga sering saya sarankan makan bawang putih. Tapi mereka ada yang bandel takut ada efek samping.

HARIANI - 15/07/2011

Mas edy masa tulisan gitu aja susah bacanya, suka2 orang dong mw gaya tulisannya bagaimana n jgn disangkutpautkan sekolah itukan pribadi orangnya bukan sekolah yang ajarin, ok

20. Penyakit Gula Darah - 18/07/2010

Baru sempat mampir nih!
Liat-liat dulu….
Situsnya bagus nih!
apalagi kalau disuguhi makan!
hehehehehhehehe
Kunjungan balik ya sob, ini blog saya

http://guladarahrendah.blogspot.com/

Salam kenal….

21. alina liannuo - 30/07/2010

trims infonya

22. Robertus Buntoro - 04/08/2010

Pak mau nanya kalau satu siung itu kira2 berapa banyak ya pak ?
Udah gitu kalau makan bawang putih boleh ditelan ngak kaya minum obat gitu
Kalau beli yg ektrak bawang putih gimana ya pak, bagus juga ngak ya pak ?
Terima Kasih

Salam

Robertus

chillinaris - 21/08/2010

Saat mencincang bawang putih, geprek terlebih dahulu, lalu bubuhi sedikit garam. Hal ini dimaksudkan agar bawang putih bisa tercincang halus dan sarinya tetap awet. :D

23. sandra dinata - 06/08/2010

menurut keterangan diatas,kl bawang putih dimakan mentah akan menambah nafsu makan….trus saya mohon info…dimakannya gimana??digoreng,digodok atau dibakar???supaya ga namabah nafsu makan……terimakasih

chillinaris - 21/08/2010

Saat mencincang bawang putih, geprek terlebih dahulu, lalu bubuhi sedikit garam. Hal ini dimaksudkan agar bawang putih bisa tercincang halus dan sarinya tetap awet. :)
masalah makan bs diatur sendiri sj…

24. illuminate - 11/08/2010

bagus sekali

25. Kiki - 03/09/2010

pak mau tanya apakah bawang putih dapat menyembuhkan benjolan-benjolan seperti jelly ( tumur )pada tubuh bagai mana caranya.dan solusi lain apa agar benjolan tersebut hilang.trima kasih atas inpormasinya.

26. Surwin - 03/10/2010

Bawang putih bisa bwt nyembuhIn jerawat gx.?Wah,kerEn nwH Di cobA akh,mudah2n smbuh pnYakit jrawat q.:-)amin.

27. Edi - 08/10/2010

Mo nanya nih…kalau mengkonsumsi bawang putih mentah tiap harinya maksimal berapa biji ya…

chillinaris - 02/11/2010

Dosis yang disarankan untuk konsumsi bawang putih adalah 4-5 gram bawang putih segar/hari (kira-kira 1-2 siung).

28. Branggah - 11/11/2010

Info yang bagus dan bermanfaat

29. NOR BAHIRAN BINTI IBRAHIM - 11/01/2011

bagus benar informasinya..t.kasih banyak..

30. zero friction marketing - 02/03/2011

The suggestions you provided here are extremely priceless. It turned out such an exciting surprise to see that waiting for me once i woke up this very day. They are usually to the point plus easy to grasp. Thank you very much for the innovative ideas you have shared in this article.

31. iza - 16/03/2011

waaaaaaaccchhh…….zngat mmbantu bgt eaw…..

32. Jonatan - 02/04/2011

thank bagus gan informasinya, tapi saya mau tanya bawan putih itu bisa gag ngobati liver/lever itu loch gan penyakit yg menyerang hati, mohon dibalas ya gan

33. bunda - 13/04/2011

trimss :)

34. adhy (sulbar) - 11/05/2011

mksh infox,sngt bermnfaat

35. christ - 26/05/2011

bagus infonya..

36. Florrie Sackman - 28/06/2011

merely have got to point out you put together several really good points and will post a variety of choices to add on after a day or two.

37. m.nawir - 24/07/2011

terima kasih atas infonya,saya akan mencoba menkumsi bawang putih dengan baik.

38. usman - 10/08/2011

Klo untuk asam urat ,bgmn peranan bawg putih? Trimaksh

chillinaris - 20/08/2011

Memiliki zat penurun asam urat dan untuk pencegahan. Bawang putih sering disebut herbal ajaib karena dapat membantu menangani berbagai penyakit dan bermanfaat dalam banyak fungsi tubuh. Mengkonsumsi 3-5 siung bawang putih sehari dapat membantu mengatasi gout dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sementara peterseli juga bersifat diuretik (peluruh kencing), sehingga dapat membantu menggelontor asam urat dari tubuh.

39. abi ajha - 09/09/2011

chillinaris,,,,buat penyakit jantung(seperti di tusuk jarum d dada)bisa juga ya mngkonsumsi bawang putih,berapa siung sehari,mohon jawabanx ya,terima kasih.

chillinaris - 23/09/2011

The American Dietetic Association menyarankan bahwa dalam rangka untuk memperoleh manfaat kesehatan potensial bawang putih, orang harus mengambil 600 – 900mg per hari.

40. Wiramanja Alhaj - 25/09/2011

saya sudah mengamali memakan bawang putih hampir tiga tahun. Ketika makan dengan nasi ataupun apa jua, kunyah dengan bawang itu sekali. Saya makan 5 butir sehari. Mulanya aduh…pedas/pedau/pekis dan lain2 rasa tak keruan. Namun, lama kelamaan saya boleh makan terus mengigitnya semacam makan gula2 ajer. Alhamdullillah, tentu saja kesihatan terjamin. Allah Maha pencipta, diturunkan penyakit…diadakannya penawar untuk penyakit itu. Aduh! isteri ceria dikamar…bila2 ingin bertempur…bisa saja.

41. iklan internet - 18/10/2011

wah,,kbtulan ne q kurang suka makan ,,,
ntar q langsung coba dah,,,
makasi infonya,,,

42. Nining Ningrum - 28/10/2011

TQ…infony.

43. IrvanOktora - 31/10/2011

trimakasih atas artikelNya, mudah2an bermanfaat..

44. ecos69 - 02/11/2011

Subhanalloh ,Saya sangat setuju untuk dipublikasikan karena sangat murah harganya bisa terjangkau oleh semua kalangan , lebih baik mencegah dari pada mengobati.

45. azhan - 28/11/2011

boleh mencegah dari terkena serangan selsema, sekiranya selalu mengamalkan memakan bawang putih.. insya’allah..

46. fit - 15/12/2011

alhamdulilah…aku ingin berbagi semuanya..aku mempunyai penyakit kista ovarium…kata dokter aku harus di operasi..mendengar doktr td saya langsung kaget n sedih..uang habis-habisan untuk berobat kedktr..berhenti kedktr aku ke alternatif..stelah itu aku di kasih nenek tua bawang puti yang sudah dibakar..sebelum tidur aku makan bawang putih 6biji…syukur alhamdlh sekarang aku sembuh tanpa operasi..sampai sekang aku masih mengonsumsi bwng putih sblm tidur..

47. Penyakit Rematik - 28/12/2011

bawang putih obat cacingan juga bukan?

48. frank - 08/01/2012

wah dpat bwang putih juga dpat menyembuhkan darah tinggi ? wah bestnya. ….bgusnya info ni……

49. arif - 13/01/2012

nyimak ja boz…..

50. amik - 18/01/2012

bagus

51. yohanes - 13/02/2012

makan bawang putih sambil makan boleh ngak

52. sugi anto - 21/02/2012

Oke de thans

53. ricky - 12/03/2012

iya benar kata si retna, aku juga mengalami seperti itu, kenapa setiap abis makan bawang putih mentah satu siung aja, kira2 tiga jam kemudian kepala ku terasa sakit sekali, kayak orang migran, ada yang tau kenapa bisa begitu, mohon penjelasannya

54. Wiramanja Alhaj - 07/05/2012

Hei… ricky… itu biasa aje… itu bukan komplikasinya, tapi tindakbalas…ngak apa-apa. Teruskan makannya…sikit-sikit… lamaan jadi kebiasaan dan hilang semua sakitnya. Insyallah.

55. suyanto - 17/05/2012

kalu buat hilangan bisul bisa kagak……?

56. suyanto shodlie - 17/05/2012

kalau ke seringan makan bawang putih apa ada efeknya

57. joni - 23/05/2012

saya mengucapkan banyak terimakasih atas artikel nya yang banyak mamfaatnya.

58. jackmania - 29/05/2012

anak gw doyang banget bawang putih, sampe gw heran hehehhe

59. rama ariq - 10/11/2012

assalamualaikum…mohon bantuanya mas Chill….untuk bengkak akibat luka sajam(pisau,arit,bendo etc) bisa memakai tumbuhan apa ya???…..terima kasih sebelum dan sesudahnya…:-)D

chillinaris - 16/12/2012

Waalaikumsalam… Sebenernya banyak, getah pepaya/kamboja/ubi kayu/lidah buaya/dsb. Tpi paling manjur adl Daun dan Batang Binahong, caranya ditumbuk halus, kemudian dioleskan (bobok) bagian yang sakit. Ya sepengetahuan saya, maaf telat blog ini telat update seringnya… ;)

60. accit - 14/03/2013

aq jg udah lama konsumsi bwang putuh, setiap mkn gorengan, daging, atw yg pux kadar kolestrol tinggi aku pasti sertakan bwang putih sbgai penetral kolestrolx, n sampai skrg aq msh konsumsih. pkoknya jgn takut konSumsi krn bxk bgt manfaatx untk kesehatan. slm kenal ya all

61. arita - 07/04/2013

Saya sllu merasa sakit dn pegal di belikat kanan dn kiri..kdg klu sdng kumat sakitnya tembus ke dada ..trs knp perut saya sblh atas kiri Setiap pagii sllu bunyi geruk” kaya suara air ngerebek

62. syamsur - 15/04/2013

kang dimas,antum ngonsumsi BP dlm wkt selama tu ga da pengaruhnya di lambung ya? suwun..

63. Rosa Ariansyah - 16/04/2013

61.Rosa Ariansya-16/04/2013
,mksh infox sy sdh stu bln mngkonsumsi bwh pth,sy seorang pendrta asam urat dan kolestrol tinggi asam urat 7,3 klestrolx 6,7,bengkak d’tangan dan d’leher sy mlai hilang sdkit demi sdikit,apakah bawang pth jg berperan mnghlngkan asam urat berlbhan dalam tbh,dan apakah bawah pth bleh d’konsumsi oleh orang yg tensi drhx d’bwh 100 atau 110.

64. Sulaiman - 24/08/2013

terima kasih infonya semoga dapat bermanfaat bagi yang mencoba terapi bawang putih

65. Intan - 10/09/2013

Segudang ya manfaat bawang putih.

66. Daftar Harga laptop terbaru 2014 - 17/11/2013

wah, ternyata banyak sekali manfaatnya

67. oto - 07/01/2014

Terima kasih untuk informasinya, sangat bermanfaat. namun yang ingin saya tanyakan berapa gram atau berapa siung takaran aman mengonsumsi bawang putih setiap hari ?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.